Jumat, 02 Desember 2016
Pengertian Batako   

Batako merupakan bahan bangunan yang berupa bata cetak alternatif pengganti batu bata yang tersusun komposisi dari antara pasir, semen Portland dan air dengan perbandingan 1 semen : 7 pasir.

Batako pasir adalah bata yang terbuat dari campuran bahan perekat hidrolis ditambah dengan agregat halus dan air dengan atau tampa bahan tambahan lainnya dan dan mempunyai luas penampang lubang lebih dari 25 % isi batanya. Batako merupakan batu cetak yang dibuat dengan memelihara dalam suasana lembab dengan campuran tras, kapur, dan air dengan atau tanpa bahan bahan lainnya.

Batako atau batau cetak beton adalah element bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen Portland atau sejenisnya, pasir, atau dengan tanpa bahan tambahan lainnya, dicetak hingga sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat dan dapat digunakan sebagai bahan untuk pasangan dinding.

img0368a

Sifat dan Jenis Batako

Menurut randing jenis batako di kelompokkan dalam  :

  1. Bata cetak beton, dibuat dari campuran semen Portland dan pasir atau batu kerikil.

  2. Batu cetak trass kapur, dibuat dengan campuran kapur padam dan trass.

  3. Batu cetak tanah stabilisasi terdiri dari batu cetak semen, tanah, dan batu cetak kapur.

  4. Batu cetak kapur pasir dibuat dari campuran kapur padam, pasir kwarsa, dimampatkan dan dikeraskan dengan tekanan uap tinggi

  5. Batu cetak beton ringan, yang dapat berupa

  6. Batu cetak beton gas atau beton busa yang dibuat dari campuran kapur atau semen Portland, digiling dengan pasir kwarsa, bubuk alumunium (bahan pembusa lain) dan dikeraskan seperti batu kapur.

  7. Batu cetak beton dan beton apung dibuat dari semen Portland, pasir alami, kerikil, dan batu apung.


Faktor – faktor yang mempengaruhi mutu batako  

Agar di dapat mutu batako yang memenuhi syarat banyak yang mempengaruhi. Mutu batako tergantung pada :

  1. Faktor air semen

  2. Umur batako

  3. Kepadatan batako

  4. Bentuk dan tekstur batuan

  5. Ukuran agregat dan lain – lain


Faktor air semen adalah perbandingan antara berat air dan berat semen dalam campuran adukan. Kekuatan dan kemudahan pengerjaan. Campuran adukan batako sangat dipengaruhi oleh jumlah air campuran yang dipakai. Untuk suatu perbandingan campuran batako tertentu diperlukan jumlah air yang tertentu pula.
Pada dasarnya semen memerlukan jumlah air sebesar 32 % berat semen untuk beraksi secara sempurna, akan tetapi kurang dari 40 % berat semen maka reaksi kimia tidak sesuai dengan sempurna. Apabila kondisi ini dipaksakan akan mengakibatkan kekuatan batako berkurang. Jadi air yang dibutuhkan untuk beraksi dengan semen dan untuk memudahkan pembuatan batako, pada pembuatan dibuat pada batas kondisi adukan lengas tanah,  karena dalam kondisi ini adukan dapat dipadatkan secara optimal.

Mutu batako (kuat atau tekan ) bertambah tinggi dengan bertambahnya umur batako. Oleh karena itu sebagai standar kekuatan batako dipakai kekuatan pada umur batako 28 hari. Bila karena sesuatu hal diinginkan untuk mengetahui kekuatan batako pada umur 28 hari, maka dapat dilakukan dengan menguji kuat tekan batako pada umur 3 atau 7 hari dan hasilnya dikalikan dengan faktor tertentu untuk mendapatkan perkiraan kuat tekan batako pada umur 28 hari. Kekuatan batako juga dipengaruhi oleh tingkat kepadatannya. Dalam pembuatan batako di usahan campuran dibuat sepadat mungki. Hal ini memungkinkan untuk menjadikan bahan semakin mengikat keras dengan adanya kepadatan yang lebih, serta untuk membantu merekatnya bahan pembuat batako dengan semen yang dibantu air.

 























CV. JAYAWAN
TELP/FAX021-22950276
HP/Whatsapp0812 8703 0528
Emailbangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
AlamatJl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820


 

Artikel Lainya


Pasang Baja Ringan


Atap Metal Berpasir


Jual Pasir


Jasa Bangun Rumah


Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum



 

 

1 komentar:

Munir mengatakan...

Terima kasih Pak Deden,
Informasi yang bapak berikan sangat bagus dan terlihat Anda sudah pernah mencetak batako karena sangat detail dan sesuai kenyataan di lapangan. Mengenai pencampuran air, semen dan pasir. Memang benar jumlah air yang diberikan jika pasir dalam kondisi kering bisa sampai 50%, pasir kondisi basah 30% dan ketika kondisi pasir normal sekitar 40%.

Saya sudah pernah membuktikan, ketika saya memiliki karyawan baru. Dengan campuran antara semen dan pasir yang sama seperti saya gunakan tetapi kualitas batako buruk. Setelah saya selidiki ternyata batako yang dibuat oleh karyawan saya ini airnya kurang. Memang benar ketika selesai dicetak batako sangat presisi dan terlihat bagus tetapi ketika sudah dalam kondisi benar-benar kering sekitar 2 mingguan kualitas batako tersebut dibawah standar.

Saya memaklumi yang dilakukan oleh karyawan saya tersebut karena masih baru dan memang dia harus membuat kesalahan diawal, dari situlah dia akan belajar. Hari demi hari berlalu sambil saya ajari setiap hari, semakin kesini semakin banyak perubahan yang terjadi. Setelah 1 bulan berlalu karyawan saya sudah bisa saya lepas untuk produksi sendiri dengan kualitas sesuai standar. Dan ada hal yang cukup menggembirakan, setelah dia sudah tau cara membuat batako dengan benar, batako yang dia hasilkan jauh lebih banyak bisa 1,5 sampai 2 kali lipat dari awal dia belajar. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Kunjungi website resmi saya disini http://pandawaland.blogspot.co.id
*Jangan terkejut karena pada halaman pertama ada foto karyawan saya yang sedang mengaduk adonan untuk batako.

                                   Sponsored by